September Kelabu

Karya @dedisupmerah

Karya komunitas metavana

Karya ini ditampilkan di acara “Perang dan Budaya Literasi.” Acara launching kelompok belajar Tikungan Jember. Karya ini dibuat oleh komunitas bernama Metavana. Komunitas KOMUNALSTENSIL – RESISTENSI UNTUK PENYADARAN PUBLIK.

Karya ini dibuat bertepatan dengan gejolak kenaikan BBM saat itu. Kenaikan harga bahan bakar minyak yang ditandai dengan meroketnya harga-harga kebutuhan pokok (sembako). Tepat di bulan maret 2012. Anehnya di bulan tersebut kabar kenaikan BBM malah kurang mendapat respon. Saat itu respon besar-besaran ditujukan kepada PSSI. Perpecahan PSSI dan anjloknya prestasi timnas kita menjadi pusat perhatian media massa kala itu.

Karya ini sengaja saya tampilkan kembali, sebagai pengingat untuk Bapak Presiden RI terpilih: Ir. Joko Widodo, agar memikirkan benar-benar nasib rakyatnya. Khususnya rakyat kecil, seperti saya. September ini, bulan yang katanya Wina Panduwinata; September Ceria, rupanya tak begitu halnya dengan kami rakyat kecil. Ketergantungan akan bahan bakar fosil paling murah, bagi kami serupa air untuk keperluan mandi dan minum. Semoga di bulan pertama bapak memimpin negeri ini, kebijakan yang bapak keluarkan benar-benar menyejahterakan kami, bukan malah menyusahkan kami.

 

Karya di atas berjudul ‘Nurani Semahal Bensin Murni.’ Karya-karya Metavana lain bisa ditengok di laman http://komunalstensil.tumblr.com/ dan di laman https://www.facebook.com/komunalstensil/timeline

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s