MENGUSIR KANTUK DI SIANG HARI DENGAN MINUM KOPI

Mengapa Anda kerap mengantuk selepas makan siang?

Kebanyakan orang, khususnya para pekerja yang masuk pagi, selalu mengalami kejadian tersebut. Selepas makan siang di saat jam istirahat kantor, anda akan mendapatkan serangan kantuk hebat yang akan mengendurkan semangat anda untuk lanjut bekerja. Pilihan terbaik satu-satunya adalah merebahkan diri, lalu tidur. Istirahat makan siang yang harusnya hanya berlangsung satu jam saja bertambah panjang menjadi dua sampai tiga jam, bahkan ada yang memilih untuk tidak melanjutkan kerjanya. Hal ini tentu berpengaruh buruk bagi perusahaan anda. Kerjaan menjadi terbengkalai, Bos marah-marah, dan anda terancam mendapat peringatan atau bahkan pemecatan, jika hal ini berlangsung terus menerus. Apa penyebabnya?

Beberapa ilmuwan melakukan riset terkait hal ini. Penelitian ini dilakukan kepada sampel 24 mahasiswa laki-laki dan perempuan. Mereka diminta untuk menjalani tes untuk mengetahui fungsi kekuatan kognitif. Jenis tes yang digunakan ini adalah Bakan Vigilance Test (Uji Konsentrasi Bakan). Tes ini melibatkan kecepatan, daya ingat dan memungkinkan pelaku eksperimen untuk mengukur galat, respon positif palsu dan kecepatan respon. Uji ini dilakukan siang hari dan malam hari saat mereka beraktivitas dalam perkuliahan.  Para mahasiswa akan diminta melihat deretan gambar dan angka di layar monitor dengan kecepatan/laju 100 digit per menit. Mereka diminta untuk menekan tombol secepat mungkin jika melihat tiga angka atau tiga gambar yang sama. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini sungguh mengesankan. Sebelum makan siang, rata-rata mahasiswa berhasil menengarai lebih dari 60 persen. Setelah makan siang persentase setiap orang menurun hingga 50 persen.

Penyebab lain mengapa anda cenderung mengantuk setelah makan siang, dikarenakan adanya peningkatan glukosa darah, atau pelepasan hormon-hormon saluran cerna yang bersifat psikoaktif; seperti insulin. Efek ini menyebabkan tubuh anda terasa lemah, walaupun rasa lapar anda hilang. Efek yang timbul ini berbeda di tiap orang. Tergantung berat badan, umur serta jumlah makanan yang dikonsumsi saat makan siang. Perubahan fisiologis dalam tubuh tiap-tiap orang inilah yang tidak dapat dijelaskan secara sederhana.

Lalu bagaimana cara mengatasi kantuk hebat selepas makan siang?
Konsumsi kafein adalah jawabannya.

Minum kopi selepas makan siang dapat mengurangi rasa kantuk hebat yang melanda anda selepas makan siang. Kandungan kafein dalam kopi mampu menghilangkan kantuk selepas makan siang. Kafein mampu mengembalikan kebugaran tubuh, tingkat kewaspadaan anda serta mengembalikan energi tubuh anda seperti semula. Pilihan kopi terbaik adalah kopi robusta, dengan kandungan kafein dua kali lipat lebih tinggi daripada kopi arabika. Kopi Liberica juga bisa menjadi pilihan. Kandungan kafein dalam liberica empat kali lipat dibandingkan kopi arabika. Sayangnya kopi Liberica agak susah dicari, karena terbatasnya ketersediaan jenis kopi ini.

Efek mengantuk selepas makan, tak hanya dialami sebagian besar orang selepas makan siang. Makan pagi atau sarapan juga menimbulkan rasa kantuk setelahnya,walau efeknya tak sebesar selepas makan siang. Para pekerja, atau mahasiswa yang melewatkan sarapan pagi dan menggantinya dengan segelas kopi, rentan mengalami masalah kantuk saat istirahat siang. Belum lagi jika sarapan pagi hanya diisi dengan segelas kopi. Efek kafein dari kopi tersebut, yang dikonsumsi sebelum sarapan akan menurunkan nafsu makan anda. Istirahat makan siang yang harusnya digunakan untuk makan siang terpaksa anda lewatkan.

Sarapan pagi sebelum anda melakukan aktivitas adalah hal esensial yang harus dilakukan. Sarapan pagi dengan karbohidrat serta protein yang pas, akan menambah kebugaran serta meningkatkan kewaspadaan anda di pagi hari. Segelas susu hangat, bisa juga jus buah dengan kombinasi roti, atau jagung bisa menjadi pilihan sarapan pagi anda. Segelas kopi saat pagi hari selepas sarapan bisa anda gunakan sebagai penyegar dan pemacu semangat sebelum beraktivitas. Kegiatan esensial sarapan pagi ini apabila dikombinasikan dengan aktivitas makan siang dan konsumsi kafein yang pas, akan membantu anda menjalani hari dengan segar. Konsentrasi anda saat bekerja akan tetap tinggi, fokus atau kewaspadaan anda juga akan tetap tinggi. Tentu performa ini akan memacu kinerja anda dalam beraktivitas sehari-harinya. Perasaan tenang saat bekerja, konsentrasi tinggi serta kinerja yang membutuhkan logika berpikir tinggi mampu anda jalani dengan mudah.

Suasana hati selepas jam makan siang yang biasanya membuat para pekerja ‘agak’ sensitive dapat dengan mudah anda singirkan. Perasaan emosi, malas serta kantuk berlebih dapat dengan mudah anda singkirkan dengan meminum kopi selepas makan siang. Jika hal ini anda lakukan rutin di tiap harinya, maka perusahaan tempat anda bekerja akan merasa senang memiliki karyawan seperti anda. Bukan tidak mungkin pula anda kan diberi bonus, insentif serta kenaikan gaji atas performa gemilang anda di tiap harinya.

Konsumsi kafein dalam jumlah tepat dapat membuat hal itu terwujud. Bagi anda yang sensitif dengan kopi, anda juga bisa mendapatkan efek kafein dari coklat dan juga minuman teh. Minuman berkarbonasi dan minuman berenergi juga bisa anda konsumsi, namun banyaknya kandungan tambahan dalam minuman-minuman tersebut bisa berdampak buruk bagi tubuh anda. Suplemen-suplemen dan multivivamin juga bisa anda gunakan, namun efeknya yang lama, tidak terasa signifikan bagi tubuh. Maka pilihan yang tepat untuk mengusir kantuk hebat selepas makan siang adalah dengan mengonsumsi secangkir kopi robusta.

Referensi;
The Miracle of Caffeine, Bennet Alan Weinberg dan Bonnie K.Bealer

Artikel ini pertama dipublikasikan di sini dengan perbaikan editor web tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s