Sega Sambel

Makanan ini harus Anda nikmati ketika sedang berkunjung ke Surabaya. Ada banyak pilihan tempat yang bisa Anda singgahi untuk mencicipi Sega Sambal. Rekomendasi saya adalah lapak Sega Sambel Ho-Ha dan Mak Yeye. Khusus untuk Sega Sambel Mak Yeye, ia baru buka di atas jam 9 malam.

Saya berkesempatan menikmati Sega Sambel Ho-Ha. Letaknya di Dharmawangsa Surabaya, dekat kampus 3 Unair. Dulu, lapak Sega ini berada tepat di trotoar jalan. Seiring perkembangannya, trotoar yang seharusnya untuk pejalan kaki, kembali difungsikan semestinya. Lapak Sega Sambel Ho-Ha kemudian menggunakan salah satu rumah masih di area jalan Dharmawangsa Surabaya.

Sega Sambel memiliki banyak pilihan lauk. Ada telur, ayam, ikan gurame, ikan peh hingga kadang juga ada bebek. Jika anda sedang melakukan puasa lauk, anda bisa memesan Sega Sambel dengan tempe dan terong. Paket makanan tanpa lauk. Khusus untuk sajian spesial Sega Sambel adalah ikan peh. Biasanya disajikan dengan terlebih dahulu diasapkan. Sajian ini kemudian diberikan dengan sunduk berupa tusuk sate. Sedang pilihan lauk ayam, telur, dan ikan gurame biasanya hanya digoreng tanpa diasapkan.

Sega Sambel HO-HA lengkap ditambah lauk Ikan Peh yang diasapkan

Lauk yang sederhana tersebut tak terasa mantap apabila tidak dibarengi dengan rasa Sambel yang kuat. Di sini kemudian lapak Sego Sambel di Surabaya berlomba-lomba menyajikan sambel spesial. Terasi, tomat serta cabai adalah bagian yang harus ada di racikan sambel tiap lapak. Jika anda penyuka pedas saya sarankan untuk pesan sambel original. Untuk yang tak penyuka pedas nian, anda bisa meminta racikan khusus. Biasanya sambal tersebut nantinya akan ditambahkan gula oleh si empunya Sega Sambel.

Menikmati sajian Sego Sambel di Surabaya paling enak adalah malam hari. Saat suasana, dan cuaca tak terlalu panas. Jika anda penyuka pedas, pilihan lapak Sego Sambel Mak Yeye bisa anda pilih. Lapak Mak Yeye ada di daerah Jagir Wonokromo.

Sega Sambel HO-HA lauk Ikan (saya lupa namanya) digoreng sampai garing

Tiga hari lalu saya kebagian menikmati sajian Sego Sambel Ho-Ha di Dharmawangsa Surabaya. Saya memesan ikan asap dengan telur, sedang partner saya memesan ikan gurame. Sambelnya tak terlalu pedas di lapak ini. Pelanggan yang datang juga tak sebanyak dahulu, ketika masih berjualan di pinggir trotoar. Namun, sambel yang tak terlalu pedas bagi saya ini cukup untuk membuat tubuh saya berkeringat dan menghabiskan dua gelas es teh. Harga yang harus saya ganti masih terhitung murah. Lima puluh ribu masih susuk banyak.

Rasa kangen saya akan Sega Sambel tersebut kini bisa saya lampiaskan di Jogja. Tak perlu jauh-jauh pergi ke Surabaya. Di Angkringan Mojok, kini juga ada sajian Sega Sambel. Harganya cukup murah, dan pilihan lauknya juga bervariasi. Ditambah lagi, Angkringan Mojok juga buka mulai sore hari hingga dini hari. Waktu yang hampir-hampir sama dengan lapak Sego Sambel di Surabaya.

Bagi kamu yang belum tahu, Angkringan Mojok ada di Jalan Damai no 168 A, Jogja. Letaknya berdekatan dengan Kedai (Miko) Minum Kopi. Jam buka mulai pukul 17.00 hingga pukul 01.00 WIB. Buka tiap hari, gak ada libur.

Gak percaya? Kesini aja!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s